Cara Menjual Item atau Equipment Game di Steam Market Community

gambar tersebut menyebutkan cara menjual item dan equipment di steam market community gambar tersebut menyebutkan cara menjual item dan equipment di steam market community

Cara Menjual Item atau Equipment Game di Steam Market Community

Bagi Anda yang memiliki item game online, seperti DOTA 2, CS : GO, hingga PUBG online, maka Anda dapat menjualnya melalui salah satu fitur dari Steam. Fitur dari Steam tersebut menjadi salah satu yang paling banyak diakses oleh para gamers.

Sebab, fitur tersebut bisa membantu Anda untuk mendapat cuan hasil dari penjualan item permainan game online Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara menjual item maupun equipment game yang ada di market steam.

Anda dapat menjual item-item game yang dibutuhkan oleh para gamers. Maka dari itu, ini dia cara menjual item maupun equipment game online melalui fitur dari Steam. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Login Akun Steam

Langkah pertama, silahkan Anda login ke akun steam terlebih dahulu. Masukkan username dan kata sandi. Apabila gagal, silahkan menggunakan fitur lupa password untuk dapat menyetel ulang kata sandi Steam.

Apabila belum memiliki akun, silahkan mendaftar akun Steam sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Tanpa memiliki akun Steam, maka Anda tidak dapat menjual item atau equipment game tertentu.

  1. Pilih Menu Community dan Market

Langkah kedua, cari menu Community yang berada di pojok kiri atas. Setelah itu, pilih market. Lalu, silahkan pilih menu “Sell at Item”. Kemudian, tentukan jenis item atau equipment dari game tertentu yang akan Anda jual melalui Steam Market.

Selanjutnya, tekan “Sell” untuk menjual item maupun equipment yang berencana akan dijual. Pastikan kembali barang yang akan dijual. Apabila telah masuk ke proses sortir Steam, maka Anda tidak dapat membatalkan penjualan.

  1. Menentukan Harga Jual Item atau Equipment

Langkah ketiga, silahkan Anda menentukan harga jual dari item maupun equipment yang akan dijual. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan harga, Steam memberikan estimasi harga terbaru dari barang yang berencana Anda jual. Jadi, silahkan submit harga sesuai dengan nilai pasaran. Setelah submit harga, silahkan tekan “put it up for sale” pada menu Steam Market.

  1. Lakukan Konfirmasi Penjualan

Langkah terakhir, lakukan konfirmasi penjualan melalui Steam Mobile App. Pilih menu “Confirmation”. Tekan ceklis item atau equipment yang akan Anda jual. Tunggu beberapa saat hingga item masuk daftar jual Steam.

Pastikan item yang Anda jual telah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Steam Market. Sebab, developer berhak membatasi akun jual beli item game online jika Anda melanggar syarat dan aturan yang telah ditetapkan.

Cara Membeli Item dan Equipment Game Online via Steam Market

Selain menjual barang, Anda juga dapat membeli barang untuk keperluan karakter game online melalui fitur dari Steam. Cara membeli item maupun equipment game online via market Steam ini cukup mudah sekali.

Sebab, Valve selaku pengelola Steam menggunakan sistem lelang untuk membeli barang dari game online tertentu. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login terlebih dahulu ke akun Steam. Kemudian pilih community dan market.

Gunakan fitur pencarian untuk memudahkan pemilihan jenis item game yang akan dibeli. Seperti contoh, Anda sedang mencari item DOTA 2, maka silahkan ketik “DOTA 2”, maka Steam akan menampilkan item atau equipment dari game DOTA 2 saja.

Ada beberapa jenis barang yang dijual untuk kategori game DOTA 2. Maka dari itu, silahkan memilih barang yang Anda perlukan untuk menambah skill atau kekuatan karakter akun game online.

Setelah itu, pilih item atau equipment yang berencana akan Anda beli. Kemudian, pilih menu “buy”. Masukkan nominal penawaran yang Anda ajukan. Apabila Anda dinyatakan menang lelang pembelian barang tersebut melalui Steam Market, maka Anda dapat melakukan pembayaran via Steam E-Wallet.

Silahkan melakukan isi ulang Steam E-Wallet melalui beberapa metode yang disediakan oleh Valve. Mulai dari kartu debit, kartu kredit, hingga top-up via aplikasi marketplace yang bekerja sama oleh Valve.

Setelah proses checkout pembelian item dinyatakan berhasil, maka Valve akan memberikan barang yang Anda beli langsung ke akun Steam Anda. Dan kemudian, item tersebut bisa langsung Anda gunakan dalam permainan.